HOW TO : Install Font di Ubuntu 8.04 dan Blankon 3.0

Postingan ini didasarkan pada pengalaman dalam melakukan instalasi berbagai font yang asalnya tidak dari repository tapi download dari berbagai website penyedia free font. Beberapa kali coba install selalu mengalami kegagalan fungsi font … atawa font-nya kagk mau nongol di aplikasi yang digunakan…

Berikut ini adalah langkah instalasi yang dilakukan :

  1. Buat folder baru untuk tempat font baru yang akan diinstall di /usr/share/fonts/truetype/, sekedar saran sesuaikan nama folder dengan sumber perolehan font agar lebih mudah diingat.

  2. Copy font dari folder penyimpanan ke folder yang baru dibuat, sebagai contoh disini karena font berasal dari FontsCube.com maka lokasi instalasi-nya nama foldernya ttf-fontscube sehingga font baru diletakan di /usr/share/fonts/truetype/ttf-fontscube/.

  3. Lakukan pengecekan di aplikasi, misal OpenOffice.org, untuk mengetahui apakah font sudah dapat digunakan. Pada Ubuntu 7.04 dan versi sebelumnya dengan langkah seperti ini font sudah siap pakai, namun untuk Ubuntu 7.10 keatas termasuk Blankon 3.0 biasanya font belum bisa digunakan.

    Dari hasil Tangkapan Layar tersebut terlihat bahwa untuk font dengan nama yang diawali dengan huruf O yang dikenali oleh OpenOffice.org 2.4 adalah Ostorah dan Ouhod sementara openlogos.ttf belum dikenal walaupun posisinya sudah berada dalam folder font.

    Sedikit catatan, bila Ubuntu 7.10-nya merupakan hasil upgrade dari Ubuntu 7.04 biasanya font sudah dapat dikenali oleh aplikasi. Tetapi bila Ubuntu 7.10 tersebut hasil dari fresh-install maka font biasanya belum dikenali.

  4. Lakukan perubahan setting Hak Akses dari folder font yang baru.

  5. Lakukan perubahan setting Hak Akses dari masing-masing file font yang baru.

  6. Lakukan rekonfigurasi terhadap font yang baru dengan perintah berikut :

    $ sudo dpkg-reconfigure fontconfig

    atau

    $ sudo defoma-reconfigure

  7. Cek kembali dengan aplikasi untuk mengetahui apakah font sudah dapat digunakan.

    Dari hasil tangkapan Layar tersebut terlihat bahwa font illustrate-it.ttf telah dikenali oleh OpenOffice.org 2.4 dan dapat dapat digunakan dengan baik.

Nah, apabila salinan postingan ini dibutuhken silaken download disini : how-to-install-font-di-ubuntu-dan-blankon.

Tentang Wahyo

Bukan blog-nya orang terkenal.... Hanya blog-nya seorang kaum urban yang berasal dari Ngayogyakarta Hadiningrat... Yang akhirnya terdampar di Buitenzorg City...
Pos ini dipublikasikan di Ngoprek Kompie dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke HOW TO : Install Font di Ubuntu 8.04 dan Blankon 3.0

  1. fpriambodo berkata:

    mas, gimana caranya aktifin wifi kpdjp di ubuntu??? aku udah unduh cert tapi kok gagal mulu ya..

    Wuaduh… saya tuch jarang ke KPDJP.. apalagi sambil nyobain WIFI segala… coba tanya aja ke KOMDAT… sapa tau ada yang ngerti… 🙂

  2. Masdianto berkata:

    kalo instal font ke control panel trus ke folder font terlalu banyak….adobephoshop cs3 jdi lambat bgt ato hang………so da cara atasi ga??br ga hang ato lambat gt?? Plizzzzz………..

  3. ujan berkata:

    sepp… ini dia yang dicari-cari…
    MANTABH !!!!

  4. Toto Suharyanto berkata:

    Makasih ya ilmunya…
    Berguna banget nich…

Tinggalkan komentar