Tessy Yang Bukan Pelawak

Habis baca berita dari sini, nemu artikel tentang si Tessy…
Tessy yang dimaksud diartikel tersebut ternyata bukan Tessy Srimulat… melainkan Tessy = Test of Texts Similarity yang berhasil meraih penghargaan terbaik dalam ajang kompetisi nasional Acer Intel E-Learning Competition.

Apaan sich hebatnya si Tessy?
Tessy yang dikembangkan oleh sekelompok dosen UGM ini memiliki kemampuan untuk mengenali kemiripan suatu teks atau frase yang ada dalam suatu karya tulis dengan karya tulis yang lain. Jadi intinya si Tessy ini dijadikan sebagai suatu alat penguji apakah karya tulis seseorang merupakan karya asli atau hasil contekan dari karya tulis yang sudah ada sebelumnya. Agar aplikasi ini dapat berjalan maksimal diperlukan suatu database karya tulis digital yang memadai sebagai sumber data pembanding.

Gimana sich cara kerja si Tessy?
Berikut ini hasil copas dari artikel yang ada dikoran mengenai cara kerja si Tessy :

  1. Metode Uji Kemiripan Frase

    Setelah sebuah frase (gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif) telah ditetapkan untuk diuji, metode ini memformat dokumen untuk menghilangkan karakter selain teks dan separator. Aplikasi lalu akan mencari data pada dokumen frase yang dimaksud serta menghitung berapa jumlah kemunculannya.
    Pencarian frase dilakukan sesuai dengan urutan kata-katanya. Artinya, urutan kata-kata pada frase yang dicari berpengaruh pada saat pencarian. Fitur dalam Tessy juga memungkinkan penguji memasukkan frase yang populer dalam bidang ilmu tertentu.

  2. Metode Uji Kemiripan Teks

    Metode ini berlandaskan persentase dari perbandingan antara jumlah teks yang sama dan jumlah perubahan yang terjadi (kata yang hilang dan kata yang bertambah). Algoritma yang digunakan yaitu algoritma baku untuk perbandingan teks yaitu O (ND) Difference Algorithm dari Eugene W. Myers (1985), yang juga akan memperhitungkan urutan kata.
    Nilai persentase yang dihasilkan menunjukkan derajat kemiripan dokumen yang diuji dengan dokumen yang sudah ada. Nilai persentase yang tinggi memiliki arti bahwa dokumen tersebut memiliki kemiripan yang sangat tinggi dengan dokumen yang diperbandingkan.

Semoga saja si Tessy ini dapat diaplikasikan diseluruh perguruan tinggi se-Indonesia Raya sehingga dapat menekan pihak-pihak yang hanya sekedar ingin lulus tanpa diimbangi dengan peningkatan tingkat kecerdasan…

Iklan

Tentang Wahyo

Bukan blog-nya orang terkenal.... Hanya blog-nya seorang kaum urban yang berasal dari Ngayogyakarta Hadiningrat... Yang akhirnya terdampar di Buitenzorg City...
Pos ini dipublikasikan di Nggak Jelas Juntrungannya dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s